Pengalaman Pertama Saya Diterima Google AdSense

deniverdana.com - Halo sobat blogger! Kali ini saya akan berbagi pengalaman pertama saya diterima Google AdSense. Mungkin diantara kalian ada yang belum tau apa itu Google AdSense, Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.

Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.


Kembali ke topik pembahasan, saya pertama kali mendaftarkan blog menggunakan email utama, setelah menunggu sekitar satu hari saya mendapatkan email bahwa blog dalam tahap peninjauan.

Akhirnya saya disuruh menempatkan kode iklan di blog, saya membuat unit iklan dengan ukuran 300x250 di sidebar blog (waktu itu saya memakai template Seo Fix).

Anehnya, waktu pertama kali iklan saya pasang di blog iklan langsung muncul, waktu itu kalo ngga salah iklan dari Elevenia, sehari kemudian iklan baru blank/kosong, saya anggap itu hal wajar karena blog masih dalam tahap peninjauan.

Setelah itu saya mendapat beberapa email dari waktu yang berbeda, diantaranya adalah:
  • Sesuaikan iklan untuk meningkatkan penghasilan (04/02/2016)
  • Bantu AdSense agar selau bermaanfaat bagi setiap orang (11/02/2016)
  • Gunakan informasi dari aporan untuk meningkatkan penghasilan (12/02/2016)
  • Tinjau iklan yang layak untuk situs Anda (19/02/2016)
  • Status permohonan AdSense Anda - dan akhirnya ditolak

Beberapa bulan kemudian saya mencoba mendaftarkan nya lagi menggunakan blog yang kedua (umur setengah tahunan) dengan email yang berbeda. Hanya bermodalkan nekat dan blog tidak memenuhi syarat kebijakan Google AdSense akhirnya sekitar dua hari kemudian blog langsung ditolak, dan saya tidak bisa lagi menautkan blog ke akun Google AdSense dengan email tersebut (email kedua).

Anehnya, meski blog yang pertama sudah ditolak dan saya mendapatkan email penolakan (bahkan ada dua email penolakan) tapi saya masih bisa menautkan blog ke Google Adsense dan saya masih bisa membuat unit iklan tapi ya itu, iklan masih blank/kosong. Ngga seperti blog yang kedua, bahwa kalo sudah ditolak ya tidak bisa menautkan lagi dan membuat unit iklan di Google AdSense, kecuali mendaftarkannya lagi.

Akhirnya saya biarkan akun AdSense yang di blog pertama terbengkalai, dan berusaha ngeblog tanpa memikirkan Google AdSense.

Tepat pada pertengahan bulan Juli 2017 saya bermain Facebook dan ikut diskusi di grup Blogger Indonesia, ada postingan yang menarik perhatian saya. Yaitu ada salah satu anggota grup menunjukan/membagikan blog yang sudah diterima Google AdSense, malah katanya sudah kedua kalinya dia diterima (disertai foto).

Wah, spontan saya penasaran dengan apa yang dia bagikan karena dia (member grup) berkata bahwa bulan Juni pihak Google lagi baik, atau dengan kata lain banyak yang diterima/diapprove.

Akhirnya dengan percaya diri saya mencoba mendaftarkannya lagi blog yang pertama (blog ini) menggunakan email yang ketiga.

Alhamdulillah.. Setelah dua kali gagal, akhirnya saya mendapatkan email bahwa akun saya telah disetujui sepenuhnya. Lumayan buat penyemangat ngeblog.

N.B. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bookmark dan bagikan ke akun media sosial kalian ya.. Terimakasih.