Tips Sederhana Menghemat Kapasitas RAM di Android

deniverdana.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tips sederhana menghemat kapasitas RAM di android, seperti yang kita ketahui bahwa setiap smartphone memiliki spesifikasi yang berbeda, termasuk juga kapasitas RAM yang ada pada smartphone itu sendiri.

Jika spesifikasi smartphone bagus dan memiliki kapasitas RAM yang cukup besar, maka kita bisa menginstall banyak aplikasi yang kita inginkan. Tapi lain halnya jika smartphone kita memiliki kapasitas RAM yang kecil, segala sesuatunya serba terbatas juga kalau kita menginstall banyak aplikasi smartphone menjadi lemot.

Seperti saya, saya menggunakan Samsung Galaxy Young 2 dan memiliki kapasitas RAM 512MB, banyak keterbatasan yang saya alami sehingga saya harus mengakali agar saya bisa menginstall banyak aplikasi dengan memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal/kartu memori, meski tak semuanya bisa dipindahkan karena aplikasi tersebut akan berjalan sempurna cepat dan tanpa gangguan bila diinstall di memori internal.

Sebenarnya kita bisa menggunakan aplikasi khusus yang memungkinkan kita memindah semua aplikasi ke kartu memori seperti: Link2SD, Move Apps, atau App2SD Easy tapi smartphone harus diroot terlebih dahulu.

Tapi karena sekarang saya sedang membahas tips sederhana maka saya akan menggunakan cara manual dan tanpa bantuan khusus, jadi kita pilih salah satu dari daftar aplikasi yang sudah terinstall, walau tak semuanya bisa tapi setidaknya dapat menghemat kapasitas RAM yang tersedia.

Hampir setiap aplikasi bisa dipindahkan ke kartu memori atau bisa diibaratkan jika ada lima aplikasi, ada tiga aplikasi yang bisa dipindahkan, jadi lumayan untuk menghemat ruang.

Bagi kalian yang tertarik untuk mencobanya silahkan kalian simak tips sederhana menghemat kapasitas RAM di android dengan mudah dan cepat.


◾ Pergi ke pengaturan ➧ Manajer aplikasi, lalu pilih aplikasi mana yang ingin dipindahkan, perlu diingat bahwa tak semua aplikasi bisa dipindahkan ke kartu memori seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kecuali kita menggunakan aplikasi khusus dan sudah melalui proses root.
◾ Pilih Pindahkan ke kartu memori, tunggu beberapa saat hingga proses pemindahan selesai dan aplikasi sudah tersimpan di kartu memori.

Selesai dan selamat mencoba.