Pentingnya Memilih Template yang Cocok Untuk Blog

deniverdana.com - Sebagai seorang blogger, pastinya kita tak asing lagi dengan yang namanya template, karena template itu sendiri merupakan bagian dari sebuah blog.


Dalam memilih template, tentu kita tidak boleh asal-asalan. Jika kita ingin mencarinya, kita tinggal mengetikkan kata kunci terkait misal "Free Blogger Templates" atau "Template SEO Friendly" maka akan ada banyak hasil/pilihan template di daftar pencarian Google (yang sudah di optimalkan dari segi SEO, fast loading, dan responsive).

Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, tinggal kita pilih saja sesuai selera atau usahakan sesuai kriteria yang sudah saya jelaskan diatas.

Dalam hal ini, ada beberapa faktor yang dapat menjelaskan betapa pentingnya pemilihan template yang akan kita terapkan di blog. Menurut analisa saya.

Pemilihan Template
Seperti yang sudah saya jelaskan di awal artikel, bahwa template memiliki peran penting yang mencakup semua komponen yang ada di dalam sebuah blog. Mulai dari widget, konten, header, footer, sidebar, dll. Maka dari itu, saya sangat mengutamakan pemilihan template yang cocok untuk blog yang saya kelola.

Meskipun memakan waktu yang cukup lama dan terkesan berlebihan dalam memilih template, tapi itu semua saya lakukan demi memberikan kepuasan kepada pegunjung dalam membaca artikel di blog dengan tampilan template yang simpel, responsive dan pastinya fast loading.

Seperti halnya sebuah rumah, saya harus memilih template yang benar-benar cocok untuk blog saya. Setelah sekian lama mencari, sampai pada akhirnya saya menemukan template yang saya anggap cocok dan memenuhi kriteria seperti yang saya inginkan, yaitu template buatan Mas Sugeng yang cukup fenomenal (Brosense V2). Terima kasih banyak untuk Mas Sugeng yang sudah membagikan template tersebut secara GRATIS!

Mungkin kita semua sudah tau bahwa gudangnya template yang responsive dan terstruktur ada di WordPress Self Hosted. Ada banyak pilihan dan desain template yang bisa kita ubah sesuai selera. Banyak para blogger terkenal telah menggunakan layanan tersebut, salah satunya adalah Mas Sugeng.

Untuk menikmati berbagai fitur dan kelebihan dari WordPress Self Hosted kita harus mengeluarkan modal (untuk biaya hosting dan domain). Tapi untuk saat ini saya belum ada niat untuk pindah dari Blogger ke WordPress, mungkin suatu saat nanti, biarlah waktu yang akan menjawab.

Desain yang Simpel
Saya pribadi lebih memilih template dengan desain yang simpel/sederhana, mengingat bahwa setiap pengunjung blog pastinya menginginkan blog yang dikunjunginya menerapkan template dengan desain yang simpel dan responsive.

Untuk pengertian mengenai apa itu template responsive, template responsive adalah istilah yang digunakan dalam konsep membuat desain template yang memungkinkan tata letak bisa berubah tergantung pada resolusi layar saat tampil.

Kecepatan Loading Blog
Kecepatan loading blog juga tak boleh kita lupakan, hampir semua pemilik blog pasti menginginkan bahwa blog yang mereka kelola memiliki loading yang lumayan cepat, dengan menerapkan sistem ini memungkinkan pengunjung blog jadi tidak bosan untuk selalu mengunjungi blog kita.

Nah, itu saja dulu yang saya bahas mengenai template blog. Untuk menjelaskan fitur lainnya mungkin akan saya bahas nanti pada artikel saya yang selanjutnya.

• Terima kasih sudah membaca artikel Pentingnya Memilih Template yang Cocok Untuk Blog. Bagikan artikel ini melalui akun media sosial kalian •