Mengenai Fungsi dan Kegunaan Widget Blogger

deniverdana.com - Di dalam sebuah blog ada beberapa komponen pendukung yang harus ada di dalamnya. Salah satunya adalah widget, dan widget itu sendiri ada yang wajib kita pasang dan ada yang tidak begitu penting/tidak perlu kita pasang di blog.


Yang paling umum dan paling sering direkomendasikan adalah widget seperti: Artikel Populer, Widget Pencarian, Arsip Blog, Widget Subscribe, dll.

Tapi kali ini saya ingin membahas tentang fungsi dan kegunaan widget pada Blogger, berikut penjelasannya:

1. Entri yang Diunggulkan (Penting)
Kegunaannya adalah, untuk menyoroti entri khusus di blog atau menampilkan beberapa artikel yang ingin kita tonjolkan kepada pengunjung blog.

2. HTML/JavaScript (Penting)
Kegunaannya adalah, untuk menambahkan fungsional pihak ketiga atau kode lainnya ke blog. Seperti contoh: widget like box Facebook, widget iklan mandiri, atau widget share, dan masih banyak lagi.

3. Profil
Kegunaannya adalah, untuk menampilkan informasi tentang diri kita kepada pengunjung blog.

4. Arsip Blog (Penting)
Kegunaannya adalah, untuk mempermudah pengunjung untuk menavigasi blog dengan tautan ke pos lama. Seperti halnya daftar isi di blog.

5. Header Halaman
Kegunanya adalah, untuk menampilkan judul dan deksripsi blog. Misalnya jika kita ingin menambahkan header tambahan di blog, maka dari itu gunakanlah widget ini.

6. Gambar
Kegunaannya adalah, untuk menambahkan gambar dari komputer atau dari mana pun di web. Misalnya kita mempunyai logo atau banner yang ingin kita tampilkan di blog, widget inilah yang kita gunakan.

7. Label/Kategori (Penting)
Kegunaannya adalah, untuk menampilkan semua label dari posting di dalam blog. Misalnya: kita bisa mengelompokan artikel berdasarkan topik untuk mempermudah pengunjung blog mencari artikel yang telah kita kelompokkan dalam berbagai kategori.

8. Laman
Kegunaannya adalah, untuk menampilkan daftar laman (halaman) mandiri di blog. Misalnya: Daftar Isi, Hubungi Saya, Pasang Iklan, dan lain sebagainya.

9. Daftar Link
Kegunaannya adalah, untuk menampilkan kumpulan situs, blog, atau laman web favorit kepada pengunjung. Misalnya kita memiliki situs favorit atau yang sering kita kunjungi dan ingin kita tampilkan di blog.

10. Teks
Kegunaannya adalah, untuk menambahkan pesan teks ke blog. Misalnya: kita punya kata-kata motivasi atau ingin menuliskan deskripsi singkat blog kepada pengunjung blog.

11. Entri Populer (Penting)
Keunaannya adalah, untuk menampilkan daftar pos/artikel yang paling populer di blog kita. Seperti contoh artikel yang sering di baca oleh pengunjung nantinya akan tercantum di widget ini.

12. Kotak Penelusuran (Penting)
Kegunaannya adalah, untuk memudahkan dan memungkinkan pengunjung menelusuri semua artikel di blog, blogroll, dan semua yang pernah kita tautkan.

13. Statistik blog
Kegunaannya adalah, untuk menampilkan jumlah penayangan/statistik blog.

14. Baris Video
Kegunaannya untuk menampilkan klip video YouTube agar pembaca blog dapat menonton tanpa perlu meninggalkan laman. Misalnya: kita mempunyai video yang kita upload ke YouTube dan ingin kita tampilkan di blog.

15. Daftar Blog
Kegunaannya adalah, untuk memperlihatkan semua yang kita baca dengan blogroll dari blog favorit.

16. Ikuti lewat Email (Penting)
Kegunaannya adalah, untuk mempermudah pengunjung untuk berlangganan kiriman email saat kita mempublikasikan pos/artikel baru di blog.

17. Feed
Kegunaannya adalah, untuk menambahkan konten dari feed RSS atau Atom ke blog.

18. Tampilan slide
Kegunaannya adalah, untuk menambahkan rangkaian slide foto favorit ke blog kita.

19. Logo
Kegunaannya adalah, untuk menampilkan kebanggaan kita terhadap Blogger dengan menambahkan logo ke laman.

20. Polling
Kegunaannya untuk melakukan survei terhadap pengunjung dengan menambahkan polling ke blog. Misalnya: kita ingin memberikan survei kepada pengunjung blog mengenai blog yang kita kelola, entah itu tentang kemajuan blog atau meminta rekomendasi topik yang akan di bahas pada artikel selanjutnya.

21. Tautan Berlangganan
Kegunaannya adalah, untuk memudahkan pembaca berlangganan blog kita lewat pembaca feed populer.

22. Tombol +1
Kegunaannya adalah, untuk memudahkan dan memungkinkan pengunjung merekomendasikan merek dan konten blog dengan cepat.

23. Terjemahan (Penting)
Kegunaannya adalah, untuk memudahkan dan memungkinkan pengunjung menerjemahkan blog ke berbagai bahasa.

24. Daftar
Kegunanya adalah, untuk menambahkan daftar dari buku-buku favorit, film, atau apa pun yang kita suka.

25. Pengikut Google+
Kegunaannya adalah, untuk menyoroti jumlah total pemirsa Google+ kita (baik ukurannya maupun orang-orang yang kita kenal) dan menawarkan pengunjung kesempatan untuk mengikuti kita di Google+.

26. Lencana Google+
Kegunaannya adalah, untuk menginformasikan kepada pengunjung bahwa kita ada di Google+ dan memungkinkan mereka mengikuti kita dengan sekali klik.

27. Atribusi
Kegunaannya adalah, untuk menampilkan data atribusi blog. Contoh: Diberdayakan oleh Blogger.

28. AdSense
Kegunaannya adalah, untuk memperoleh penghasilan dengan menampilkan iklan yang relevan di dalam blog, tentunya kita harus daftarkan dulu blog kita ke Google AdSense, tapi sebelum mendaftar baca dulu peraturan/persyaratannya disini

Nah, itulah fungsi dan kegunaan dari widget yang ada pada Blogger, adapun beberapa widget yang wajib kita pasang di blog, seperti yang sudah saya tandai sebagai PENTING.

• Terima kasih sudah membaca artikel Mengenai Fungsi dan Kegunaan Widget Blogger. Bagikan artikel ini melalui akun media sosial kalian •