Beberapa Hal yang Harus di Perhatikan Saat Kita Memposting Artikel di Blog

deniverdana.com - Dalam kegiatan seorang Blogger, memposting sebuah artikel adalah suatu keharusan atau bisa disebut juga kewajiban.

Karena memposting artikel berguna untuk mengisi kekosongan di blog atau sekedar untuk berbagi informasi/ilmu yang kita dapatkan untuk di bagikan melalui blog yang kita kelola.


Jika blog tidak diisi dengan artikel yang bermanfaat atau tidak ada artikel yang di publikasikan di blog, sama halnya seperti ruangan kosong yang tak ada artinya (hampa).

Maka dari itu sebisa mungkin kita harus rutin memposting artikel di blog yang kita kelola, paling tidak satu minggu sekali.

Jika tidak ada waktu atau tidak ada ide menulis, sebaiknya jangan di paksakan. Atau baca tipsnya: Cara menemukan ide menulis. Adapun hal-hal yang harus di perhatikan saat kita akan memposting sebuah artikel.

Tautan Permanen
Tautan permanen/hiperlink termasuk hal yang harus di perhatikan. Ada dua opsi pada fitur tautan permanen/permalink di menu setelan entri, yaitu:
a. URL Otomatis: Opsi ini digunakan apabila judul artikel kita tidak terlalu panjang, artinya, saat kita mengetikkan judul, tidak ada kata yang tepotong.
b. URL Khusus: Opsi ini digunakan apabila judul artikel panjang, kita sendiri yang menentukan bagaimana permalink dibuat untuk judul artikel.
Catatan: Untuk menggunakan Opsi URL Khusus, sebagai pemisah kata tidak diperbolehkan menggunakan spasi, tanda hubung yang diijinkan seperti a-z, a_z, a.z.
Judul Artikel
Judul artikel juga penting, selain sebagai inti juga berperan penting untuk menarik minat para pembaca yang akan membaca artikel yang kita buat. Judul harus di buat semenarik mungkin tanpa meninggalkan makna atau pokok pembahasan dari artikel yang ingin kita bahas.

Label/Kategori
Label/kategori berfungsi untuk mengelompokkan artikel sesuai tema/topik pembahasan. Saat kita akan memposting sebuah artikel, label/kategori juga harus di perhatikan dan jangan sampai melenceng jauh dari topik yang di bahas. Sehingga para pembaca lebih mudah dalam mencari artikel yang telah kita kelompokkan dalam berbagai kategori nantinya.

Tata Letak Kalimat
Penggunaan tata letak kalimat juga penting seperti rata kanan, rata kiri, dan rata kanan kiri. Saya sarankan lebih baik di buat rata kanan dan kiri (justify) agar susunan atau isi artikel terkesan lebih rapi dan enak di lihat (seperti contoh artikel saya ini).

Deskripsi Penelusuran
Deskripsi penelusuran pada posting artikel juga baik untuk SEO. Selain itu, kalimat deskripsi penelusuran juga berperan sebagai “kata kunci” (keyword) yang kita bidikkan di serp untuk menembak visitor. Kalimat deskripsi penelusuran akan muncul di hasil pencarian Google jika pengguna menuliskan kata kunci yang terkait.

Gaya Huruf
Gaya huruf seperti Bold, Italic, dan Underline dapat kita gunakan untuk membedakan kalimat penting seperti halnya penggunaan warna huruf. Saya sarankan untuk penggunaan gaya huruf ketika kita ingin membedakan kalimat penting atau yang ingin kita tonjolkan dalam artikel yang sedang kita bahas.

Gambar
Gambar selain sebagai pelengkap juga berperan memberi daya tarik tersendiri bagi artikel yang kita buat, survey membuktikan bahwa artikel yang disertai gambar cenderung menarik minat para pembaca untuk membaca artikel di blog kita. Maka dari itu pemberian gambar dalam artikel itu harus kita perhatikan.

Nah, itu dulu yang saya bahas mengenai hal-hal yang harus di perhatikan saat memposting sebuah artikel. Mungkin jika ada diantara kalian yang ingin menambahkan atau punya pendapat lain, jangan sungkan untuk berkomentar.

• Terima kasih sudah membaca artikel Beberapa Hal yang Harus di Perhatikan Saat Kita Memposting Artikel di Blog. Bagikan artikel ini melalui akun media sosial kalian •