Cara Menjaga Akun dan Password Facebook

deniverdana.com - Tingginya pengakses situs jejaring sosial, ternyata banyak memicu pencurian akun dari situs jejaring sosial tersebut, dan salah satu target yang paling banyak adalah situs jejaring sosial Facebook, dan Twitter. Kebanyakkan situs tersebut selalu meminta "username" dan "password", dan itu cukup rentan dengan pembajakan atau pencurian akun password.
Ilustrasi Hacker - Sumber gambar: tekno.liputan6.com

Banyaknya user internet, terutama sekarang pengguna situs jejaring sosial, email, atau relatif rentan akan pembobolan password. Memang banyak cara seseorang tadi mendapatkan password akun, mulai dari mengirimkan worm, mencuri file cokies, mengirimkan program keylogger hingga hijacking. Memang ada banyak program yang mampu untuk melakukan hal itu, baik yang shareware (versi komersial) atau yang freeware (gratis).

Antisipasi Keylogger
Keylogger merupakan senjata ampuh untuk menjaring password dan akun. Apalagi jika Anda mengakses akun Facebook menggunakan komputer lain; bisa laptop teman atau di warnet. Disitu Anda pasti tidak mengetahui apakah komputer itu telah diinstal oleh program keylogger atau tidak. Bila komputer itu diinstal keylogger sudah bisa dipastikan password Anda akan terdeteksi dengan mudah. Cara kerja program keylogger ini relatif sederhana, dimana dia akan berjalan tanpa sepengetahuan si pengguna lain kecuali usernya. Keylogger ini akan mencatat semua karakter yang diketukkan atau diketik pada keyboard. Jadi bisa dipastikan username dan password juga ikut tercatat.

Aplikasi ini juga bisa dimodifikasi sebuah trojan, dimana dia akan melakukan instal dengan sendirinya begitu si penerima email membukanya. Selanjutnya trojan ini akan mencatat semua aktifitas Anda dan mengirimkan data-data tadi ke si pencuri melalui email saat komputer korban terkoneksi internet.

Dari sinilah sebernarnya kita harus waspada apabila mendapati sebuah email yang berekstensi EXE, karena itu bukan email. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika program tersebut tersembunyi di dalam email/teks biasa, jadi janganlah sekali-kali kita membaca pesan dari seseoranh yang tidak dikenal sebelumnya.

Teknik Hijacking
Teknik hijacking adalah teknik pengalihan atau pembajakan isi email, dimana dia akan membelokkan ke domain yang dibangun sebelumnya. Misalnya Anda mengirimkan sebuah pesan, maka sebelum pesan atau email tadi sampai ke server yang dituju, dia dibelokkan dulu ke domain pencuri lalu diteruskan ke server tujuan. Dari hasil pembelokkan tadi sudah pasti si pencuri telah mendapatkan username dan passwordnya.

Ada beberapa cara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya untuk mendeteksi keberadaan keylogger, Anda tinggal mematikan program ini. Untuk mengetahui keberadaan keylogger atau sejenisnya, klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager.

Dari Task Manager, pilih Processes tab. Dari situ Anda tinggal melihat apakah ada aplikasi asing yang mencurigakan. Jika ada, maka segera hentikan aplikasi tersebut dengan mengklik End Process.

Sedangkan untuk menghindari proses pencurian password secara hijacking, maka sebaiknya Anda menggunakan antivirus yang sudah terdapat fitur antiphising di dalamnya, atau menggunakan browser terbaru yang telah mendukung teknologi antiphising.